background-shape
feature-image

Tryghostblog.com - Apakah Anda ingat bagaimana rasanya mengendarai mobil untuk pertama kalinya? Itu adalah campuran kegembiraan dan kecemasan. Kewaspadaan tingkat tinggi.

Namun sayangnya, seiring dengan kebiasaan orang mengemudi, tingkat kewaspadaannya juga menurun. Sementara itu, di jalanan juga terdapat tipe pengendara yang berbahaya seperti berpindah jalur tanpa lampu sein, meninggalkan gang, mengendarai sepeda motor di trotoar, dll.

5 Tips Mengendarai Mobil supaya Aman

Jika semua orang memperhatikan dan mematuhi aturan, jalan akan lebih aman. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui agar lebih aman di jalan. Kiat-kiat berikut akan membantu Anda mengemudi dengan aman.

Periksa kendaraan secara berkala

Seperti halnya bodi, mobil juga membutuhkan pemeriksaan kesehatan. Lakukan pengecekan berkala di bengkel, untuk melihat apakah ada masalah pada mesin, ban, rem, dll. Jangan menunggu kendaraan Anda bermasalah di jalan.

Kenali diri

Jika Anda berada di bawah pengaruh alkohol, merasa mengantuk, sedang mengonsumsi obat-obatan yang membuat Anda mengantuk, atau merasa tidak enak badan, jangan mengemudi. Jika Anda memaksakan diri untuk mengemudi, taruhannya sangat besar - untuk Anda dan orang lain. Jika Anda rabun jauh, hindari mengemudi setelah gelap.

Perlahan tapi pasti

Pertahankan kecepatan konstan untuk menghindari tabrakan dengan mobil lain atau pejalan kaki. Tapi jangan terlalu lambat untuk menghalangi pengendara lain - itu sama berbahayanya.

Jangan bermain telepon genggam

Dengan teknologi di ujung jari mereka, ‘pengalihan perhatian’ meningkat karena pengemudi cenderung membawa ponsel mereka saat di jalan.

Larangan penggunaan telepon seluler saat mengemudi tidak diatur secara khusus dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009. Namun, pengendara (yang menggunakan telepon seluler) dapat terjerat dalam Pasal 106 Ayat 1 tentang pengemudi yang harus mengemudikan kendaraan dengan konsentrasi penuh.

Pengertian wajib mengemudi dengan konsentrasi penuh meliputi larangan melakukan kegiatan yang mengganggu konsentrasi mengemudi. Misalnya, minum alkohol saat mengemudi, mengonsumsi narkoba, dan menggunakan ponsel. Pastikan tangan Anda selalu berada di setir.

Bila mengalami kecelakaan

Hentikan mobil segera jika Anda mengalami kecelakaan lalu lintas. Cari tahu tentang hak asuransi Anda dan mintalah kontak pihak ketiga yang terlibat dalam kecelakaan itu. Jika ada cedera, segera hubungi 112 untuk meminta bantuan.

Jadi jangan lupa, jika Anda bepergian dengan mobil sendiri, ke mana pun Anda pergi, yang terbaik adalah memiliki asuransi mobil terbaik di medan. Karena dengan membeli asuransi mobil, jika terjadi kerugian yang anda alami saat di jalan akan meminimalisir kerugian tersebut.